jenis Bullying

lo pernah ngelakuin aksi bullying atau pernah jadi korban bullying? atau mungkin lo pernah ngelakuinnya tapi lo ga sadar lo ngelakuinnya. untuk mengetahui dan meminimalisasi perilaku yang berbahaya bagi kondisi psikis seseorang, lo juga perlu tau nih jenis-jenis bullying.

1. flaming
mungkin lo pernah sesekali bercanda sama temen lo sambil ngatain temen lo, trus temen lo yang lain nyautin dengan candaan yang lebih parah. nah, itu namanya lo udah ngelakuin bullying jenis flaming yang memprovokasikan, ngejek atau menghina yang membuat korban ngerasa kesinggung.

2. harrasment
jenis bully ini biasanya dilakuin sama sebagian orang yang enggan untuk bertemu langsung sama korbannya, sehingga menggunakan media misalnya lewat telpon, sms atau sosial media untuk meneror si korban.

3. anonymity
anonymity ini biasanya dilakukan tanpa memberikan nama atau klu yang jelas mengenai pelaku pem-bully. para pem-bully ini biasanya tidak memiliki keberanian untuk berhadapan langsung sama si korban atau bahkan ga mau diketahui dirinya didepan orang banyak supaya nama dan dirinya tetap baik dihadapan orang.

4. masquerading
jenis bully yang satu ini ga kalah sama dua jenis bully yang sebelumnya. cuma, media yang digunakan adalah akun palsu dengan mengatasnamakan orang-orang yang dianggap "berkuasa" atau "menakutkan" bagi si korban.

5. outing
jenis bully ini biasanya dilakukan tanpa disadari. misalnya menyebarkan rahasia yang membuat di korban ngerasa malu atau terhina, menyebarkan percakapan korban dengan orang lain, atau menyebarkanfoto pribadi si korban untuk kepentingan bercandaan.

nah, itu tuh macam-macam bully. lo pernah ngelakuin yang mana? lo pernah jadi korban yang mana?
pasti lo pernah ngalamin semuana secara ga langsung..

Komentar