Selasa, 19 Februari 2013

asal mula cegukan

kenapa sih kita cegukan?

Cegukan itu terjadi ketika bagian tubuh kita yang disebut rongga dada menegang. Sekat rongga dada itu adalah jaringan otot yang letaknya di bawah paru-paru. Nah, kalau kita menelan sesuatu yang panas atau dingin, saluran makanan dari mulut ke perut (esofagus) dan perut tidak siap menerimanya.
Jadi, istilahnya terkejut gitu, lho. Kejutan inilah ternyata yang menyebabkan sekat rongga dada kita menegang keras.
Kondisi ini akan menyebabkan adanya celah antara pita suara tertutup, tapi udara tetap masih bisa lewat. Inilah yang membuat kita cegukan!
Bagaimana cara menghentikannya?
saya pernah diberitahu oleh orangtua sahabat-sahabat saya. Kalau kita cegukan cobalah menahan nafas selama mungkin, kemudian hembuskan nafas perlahan-lahan.
Cegukan
Cegukan. Foto/Ilustrasi: dok.widya wiyata pertama anak-anak
Ada juga yang pernah memberitahu saya untuk memegang/memencet cuping hidung dan minumlah segelas air.
Eh, kamu tahu tidak? The Guinness World Records  mencatat rekor cegukan terlama (1922-1990) dipegang oleh Charles Osborne (1894-1991) dari Anthon, Iowa (Amerika Serikat).
Cegukannya itu dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi 40 kali per menit,yang kemudian melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990. Jadi total ia mengalami cegukan kira-kira selama 68 tahun. Waaah... kasihan sekali yaaa.. (Kidnesia/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar