Embun Pagi Tak Butuh Warna Untuk Membuat Udara Pagi Sejuk

Sebenarnya ada beberapa hal yang harus kamu pelajari dalam hidup.
Pernah gak sih kamu ngerasa, That people are understimatting you?
Mungkin beberapa orang pernah ngerasain hal itu. But, sometimes what people say about you is wrong. Seseorang berkata sama saya, kalau cara balas dendam yang paling baik adalah dengan menunjukkan kesuksesan kita sama orang itu.
Berfikirlah cerdas. Terkadang omongan orang-orang itu gak selalu manis. Tapi, pernah gak sih kamu berfikir kaya gini, "saya harus buktiin sama mereka kalau yang mereka omongin tentang saya itu salah besar" ?
Hal terberat dalam hidup saya adalah mendengar kata-kata mereka yang merendahkan saya. Mereka menganggap hal yang saya lakukan adalah hal-hal yang mudah. Pernah terlintas, "apakah semua yang mereka lakukan itu seberatapa yang saya lakukan" ?
Mereka gak tau, "kaya gitu"-nya yang saya lakuin itu kaya gimana.  Bukahkah tidak ada salahnya mencoba yang orang lain tidak lakukan?
Ketika seekor kupu-kupu hinggap di atas tangkai bunga mawar di sebuah hutan, apakah makanan yang dia dapat dari mawar itu apakah berbeda dengan mawar yang ada di ladang mawar yang indah?
Belum tentu kupu-kupu yang hinggap di mawar hutan itu usianya lebih pendek, kan?
Berfikirlah berberda, karena orang-orang yang berfikir berdeda itu yang akan bermanfaat untuk kehidupan.
Jangan pernah menganggap hal yang kamu lakukan itu useless.
Jangan pernah merasa kalau diri kamu itu gak berguna sama sekali.
Kamu tau kan, kalau angin tak perlu wujud untuk bisa berguna?
Kamu tau kan, kalau embun pagi tak perlu warna untuk membuat udara pagi menjadi sejuk?
Kamu tau kan, kalau Tuhan tak perlu terlihat untuk menyayangi umatnNya?
Apalagi kamu, yang Tuhan berikan warna, wujud, kemampuan berfikir, dan bisa terlihat. That shows you, that you're not useless.
Jangan hanya karena orang-orang merendahkanmu, kamu berfikir kamu gak berguna.
Belajarlah untuk ikhlas, hidup itu gak mungkin selalu mulus. Irama jantung pun naik turun, kalau iramanya datar itu berarti sama sekali kamu udah gak hidup lagi.
Belajarlah, karena alam pun mengajarkan kita dari yang paling kecil hingga yang paling besar.
Belajarlah untuk percaya, keindahan dari kepercayaan itu lebih besar dari yang kita perkirakan.
Perayalah setiap hal-hal dan komponen-komponen terkecilpun punya peranan masing-masing.
Dan mulailah percaya,
Gak ada hal besar tanpa hal yang kecil.
Gak akan ada yang bagus, kalau gak berasal dari hal yang biasa-biasa aja.
Begitupun kamu :)

Komentar