info gan!

hai agan yang ganteng dan aganwati yang cantik. udah tau belum kalo kemendikbud (kementrian pendidikan dan budaya) kita ngeluarin kebijakan baru untuk anak kuliahan?

emang apa sih gan kebijakannya?

lo belum tau gan? gue sih tau dari dosen gue kalo kemendikbud kita tuh ngeluarin kebijakan bagi anak kuliahan untuk menempuh waktu kuliah selama 5 tahun. hmm -_- .

nih gan ada cuplikan infonya yang gue dapat dari media berjalan (internet) :

Aturan baru ini tertuang dalam Permendikbud 49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).
Dalam aturan ini ditentukan bahwa beban belajar minimal mahasiswa S1/D-IV adalah 144 SKS (satuan kredit semester). Nah untuk menuntaskan seluruh beban SKS tadi, mahasiswa S1/D-IV diberi batas waktu 4-5 tahun (8-10 semester).

Nah dengan aturan yang baru itu, ancaman DO gara-gara tidak lekas lulus bakal semakin mepet. Normalnya kuliah S1 atau D-IV ditempuh selama empat tahun (8 semester). Sehingga batas toleransi kemoloran kuliah hanya diberi waktu selama 1 tahun (2 semester) saja. Jika lewat dari lima tahun, mahasiswa terancam di-DO.

nah loh, kebijakan bagus ga tuh gan? ya kalo untuk gue sih bagus banget. emang lo mau jadi mahasiswa abadi? gue sih gak mau. RUGI bray. rugi duit, rugi waktu, rugi otak juga! hihihi.

*untuk info lebih jelas, browsing sendiri ya gan. banyak kok infonya :)

Komentar