malam ini bintang bersinar lebih terang dari sebelumnya. dua sejoli yang tengah kasmaran sedang duduk dibangku taman sembari membicarakan hubungan mereka selanjutnya. sang wanita menyandarkan kepala dipundak kekasihnya. dan sang kekasih memeluk punggung wanitanya. gue yang kebetulan sedang lewat tidak sengaja mendengar pembicaraan mereka.
laki : sayang, nanti kalau kita sudah nikah dan punya anak, aku mau kamu berhenti kerja ya
wanita : loh kenapa, sayang?
laki : aku mau kamu fokus mengurus anak kita dan aku

***
seketika gue teringat dengan percakapan gue dengan seseorang beberapa waktu silam. percakapan yang sama seperti yang mereka bicarakan.
ketika itu gue dan dia baru selesai nonton. diperjalanan menuju rumah gue, dia berbicara panjang lebar mengenai hubungan kami ke depannya.
dia : Yang, kamu nanti kalo udah lulus mau jadi PNS?
gue : engga terlalu mengharapkan, tapi siapa sih yang engga mau jadi PNS?
dia : aku ga mau
gue : kenapa?
dia : aku mau jadi juragan kontrakan kaya bapak kamu, biar nanti pas tua tinggal ongkang kaki aja
gue : modal awalnya dari mana?
dia : ya aku kerja, memanfaatkan hobi aku yang bisa menghasilkan uang ini. nanti kalo kita nikah dan punya anak, kamu berhenti kerja ya
gue : loh kenapa?
dia : aku ga mau anak aku terlantar karena ibunya sibuk kerja. biar aku aja yang cari uang untuk kamu dan anak kita

gue tertegun mendengar kata-katanya. diam beberapa saat. di usianya yang relatif masih muda sudah berpikir sejauh itu. mungkin dia tidak ingin anaknya nanti merasakan apa yang dia rasa. kesepian di rumah, saudara berada jauh dari dia, orang tua sibuk dengan pekerjaannya yang terkadang harus lembur dan dinas di luar kota. dan gue pun menjawab : "kalo suatu saat nanti kita nikah dan udah punya anak, aku akan berhenti kerja dan fokus ngurus keluarga aku".

malam yang dingin itu seketika berubah menjadi hangat. angin yang berhembus terasa begitu sejuk. dia meminggirkan motornya. berhenti. dia berbalik menghadap gue dan memeluk gue seraya berbisik, "semoga kita bisa mewujudkannya ya, Yang"

***
saat gue melihat dua sejoli ini dan tidak sengaja mendengar pembicaraan mereka, gue memikirkan dia. apakah dia baik-baik disana? semoga saja.

Komentar