Nangis Di Tengan Jalan

anyeooong~~
gue mau cerita~~~

sekitar dua minggu lalu, hari Rabu tanggalnya gue lupa. rencana awal gue adalah ke kampus, gue udah janjian sama seseorang. kami janjian jam 9.30 dan gue berniat berangkat dari rumah setelah nganterin Dian sekolah. namun itu hanya sebuah niat. setelah nganterin Dian sekolah gue nonton tv dulu baru sekitar jam 9.00 gue mandi. perkiraan gue selesai mandi dan dandan adalah 15 menit, karena emang gue ga pernah mandi lama. dan ternyata itu hanya sebuah perkiraan. gue mandi, pakai baju, keringin rambut, dandan. total semuanya 30 menit.

setelah selesai dandan dan pakai kerudung, gue liat ponsel gue menyala. dan pas gue liat siapa yang nelpon gue panik. gue liat jam udah jam 9.30. tanpa menjawab panggilan itu gue langsung capcus berangkat. tanpa peduli dengan isi tas gue, gue ngebut dari rumah biar cepet sampai kampus. mungkin Dewi Fortuna lagi ga berpihak sama gue. di depan KOMNAS Anak ada razia polisi. awalnya gue woles, karena gue pikir semua surat gue lengkap. satu polisi ngeberhentiin gue, minta surat berkendara, gue buka tas dan ngeliat dompet ga ada. gue panik! 
polisi : ada gak mbak suratnya?
gue : ada pak, tapi saya ga bawa dompet
polisi : yaudah motornya saya tahan. ambil tanggal 24 di Pulo Gebang.
gue : saya nelpon dulu ya pak minta dianterin dompet saya
polisi : ya nelpon aja sana (motor gue dimatiin, kunci di cabut, polisinya kabur)
gue : ah sialan tuh polisi, gue ada perlu juga! *ngedumel* (ngeluarin ponsel, nelpon bokap)
bokap : kenapa mbak?
gue : indah di tilang sama polisi yah~ (dengan suara kaya nangis dan emang air mata udah mau keluar)
bokap : trus?
gue : motornya ditahan gegara ga bawa surat-surat (udah mulai netesin air mata)

panjang lebar gue nelpon bokap.
abis nelpon bokap, gue nelpon adek gue untuk nganterin dompet.
gue : Pan! anterin dompet gue yang item di kamar ke Pasar Rebo. ada di kasur di bawah bantal. sekarang! gue ditilang! cepetan! pakek helm, bawa surat-surat lo juga!
Irvan : iya, bentar

ga lama ade gue muncul dengan muka setengah sadar.
gue langsung nyari polisi yang tadi nilang gue. gue ngasih surat kendaraan gue.
gue : nih pak suratnya. saya lolos ya
polisi : enak aja, kamu kan tadi salah ga bawa surat
gue : tapi kan sekarang udah ada
polisi : ya tetep saya tilang lah. siapa nama kamu? (ngembaliin STNK, ngejepret SIM di kertas tilang)
gue : Nur Indah. itu kan ada di SIM
polisi : besok-besok siapin mbak surat-suratnya, jangan sampe lupa lagi biar ga ditilang (jalan ke arah motor gue)
gue : siap pak! (nahan air mata ngalir)
polisi : saya kasih tau nih ya mbak, polisi di sini tuh setiap minggu razianya. jadi ati-ati aja mbak
gue : siap pak! (air mata mulai ngalir)
polisi : saya tulis ya namanya, nanti mbaknya bayar di bank BRI sekian (ngelingkerin nominal di kertas tilang) trus ambil SIM-nya di Pengadilan
gue : berapa pak? (nyeka air mata, ngebelakangin polisi, nyeka air mata lagi)
polisi : satu juta lah. kan ga bawa SIM sama STNK-nya tadi
gue : kan sekarang udah ada pak. cepe aja ya
polisi : ga bisa lah. nih liat, ga ada SIM STNK gope kan? kan kamu ga ada dua-duanya tadi. 
gue : yaudah salah satu aja deh. kan udah ada
polisi : yaudah. atau mau bayar disini aja?
gue : kasian bapak saya *kibas-kibasin tangan* (nyeka air mata)
polisi : yaudah, jangan lupa tanggal 24 diambil ya SIM-nya
gue : siap pak! (nyeka air mata)

selama ngomong sama polisi gue selalu nyeka air mata gue yang ga bisa berhenti ngalir. gue udah ga peduli diliatin orang yang ada disitu.
setelah gue dapet surat biru, gue langsung cus ke kampus dengan air mata yang makin deres. sampe di Jalan Baru, gue baru baca chat 'orang' itu, dia bilang ga jadi ketemu. gue gondok. bingung mau kemana, ke kantor ga mungkin, balik lagi ke rumah lebih ga mungkin. alhasil gue berkelana keliling Jakarta dengan air mata yang masih mengalir.

sampai di daerah Grogol, Jakarta Barat, gue istirahat sebentar di SPBU sekalian isi bensin. bokap nelpon.
gue : Assalamualaikum
bokap : gimana motornya?
gue : ada. tadi di anterin sama Irvan suratnya jadi di tilang aja
bokap : berapa?
gue : gope (nahan air mata lagi)
bokap : ha ha ha ha. yaudah potong dari uang jajan aja ya
gue : uang jajan aja ga sampe gope #thats true!!
selesai dinasihatin, selesai diomelin, setelah emosi mulai terkontrol gue cus pulang.
dan ketika bokap pulang, percakapan, nasihat, dan omelan yang sama yang dibahas lagi.

***
dua minggu berlalu.
tepat hari adalah tanggal dimana gue mengambil SIM gue balik.
pagi-pagi gue bangun langsung ngurusin Dian, mandiin, dandanin, suapin, anterin sekolah. sampe rumah gue langsung mandi cus ke bank BRI di  Otista. gak sesuai perkiraan. gue kira hanya ada beberapa orang yang akan bayar denda tilang. ternyata bukan main.
gue : pak saya mau bayar tilang
satpam : udah tau bayar berapanya? kami ga nerima kalau masih jumlah besar
gue : belum. cari taunya dimana pak?
satpam : coba buka www.kejari-jaktim.go.id 
gue : udah pak, trus?
satpam : trus mbaknya pilih Pengadilan Jakarta Timur trus masukin nomor registrasinya
gue : nomor registrasi yang mana?
satpam : itu yang diatas
gue : udah pak, segini? (ngasih unjuk nominalnya)
satpam : yaudah trus mbaknya tulis deh, kertasnya ada di sana. ikutin contohnya aja.

gue pun langsung ngambil slip transfer dan ngisi slip itu sesuai dengan contoh yang ada. alhamdulillah karena ada banyak yang di tilang gue jadi punya temen ngobrol. selesai ngisi, antri, bayar, gue cus ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. karena ini bukan pertama kalinya gue ke pengadilan untuk nebus SIM, jadi gue udah tau dimana letak lokasinya. sampai di Pengadilan ternyata sepi. gue nanyalah sama petugas disana. ternyata untuk nebus SIM dan STNK ada di Kejaksaan Jakarta Timur. sampe di Kejaksaan, nauzubillah parkiran motor penuh dan antriannya sampe ke gerbang.

gue dari Bank jam 10.10 sampe di Kejaksaan jam 11. antri panjang dan ternyata waktu solat jum'at sudah dekat. loket pendaftaran pun tutup sampe jam 13.30. karena gue cewe dan ga solat jumat, jadi gue tetep di deretan antrian. gue punya banyak temen ngobrol lagi. antri selama 2 jam di tengah terik matahari. dan nunggu selama 1 jam untuk dipanggil nomor antrian. selesai sekitar jam 15.

bentuk slip biru



nominal yang gue bayar
*kenapa nama gue masih KUSMUMA?

isi ini dulu biar tau nominal yang harus dibayar

Komentar